Poso, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu kompak bersama Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si hadir dalam Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1441 H / 2019 M Tingkat Kecamatan Poso Kota Utara, Sabtu pagi 16 November 2019 bertempat di Halaman mesjid An – Nur Bonesompe Kecamatan Poso Kota Utara. Mengangkat tema Semangat Maulid Nabi Muhammad SAW mengajak masyarakat Poso Kota Utara membumikan keteladanan Nabi dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam peringatan ini juga dibawakan hikmah Maulid oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu, Dr. H. Hilal Malarangan, M.Hi.

Hilal Malarangan menegaskan bahwa Perayaan ini merupakan refleksi keagungan Sang Revolusioner Muhammad SAW yang bukan saja dilekatkan pada nilai religiusitas bahwa bagi yang merayakan akan mendapatkan pahala sebagai imbalan dari Allah SWT, melainkan jauh lebih mendalam tentang sebuah perayaan yang menitiskan nilai kemanusiaan yang diteladani oleh Rasulullah yakni nilai-nilaiyang patut diteladani oleh para pengikut-pengikutnya. Sementara dalam sambutan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso yang disampaikan oleh Drs. Wawa Suriyatna, M.Hi mengajak masyarakat Poso Kota Utara agar lewat peringatan ini dapat memotivasi untuk berpikir dan bertindak secara kritis dan bijak, tidak terjebak dalam fanatisme yang sempit dan hanya mementingkan kelompok dan golongannya sendiri.

Baca Juga :  Kabupaten Poso di mata Provinsi Sulawesi Tengah

Bupati Darmin dalam sambutannya menyampaikan bahwa bagi Pemerintah Daerah, perayaan ini merupakan kegiatan yang mampu mendorong peningkatan ketaqwaan dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kegiatan ini dapat membawa masyarakat pada pencerahan-pencerahan yang dapat memotivasi untuk lebih bersemangat lagi dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing sesuai dengan bidang dan profesinya sebagai warga Negara dan warga masyarakat penentu keberhasilan pembangunan. “Kehadiran saya bersama Wabup dalam perayaan ini kiranya dapat memberikan pengaruh yang baik bagi masyarakat dalam menciptakan sikap toleransi dan saling menghormati serta hubungan kerjasama yang baik demi pembangunan masyarakat Kabupaten Poso” terang Bupati Darmin.

Karena ajaran islam yang rahmatan lil alamin yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, lanjut Bupati Darmin menjadi inspirasi bagi masyarakat yang terdiri dari bermacam-macam suku, agama dan budaya yang berbeda namun selalu saling hormat-menghormati perbedaan-perbedaan itu sebagai anugerah terindah yang Tuhan ciptakan bagi manusia. Terkait dengan perkembangan dan pertumbuhan masyarakat Kelurahan Bonesompe, Bupati Darmin kembali menegaskan bahwa saat ini Pemerintah Daerah tengah berupaya untuk membangkitkan kembali kejayaan Kota Tua (di tahun 1998) yang ada di Kelurahan Bonesompe dengan membangun jembatan yang menghubungkan Kelurahan Kayamanya – Bonesompe.

Baca Juga :  Pembukaan HUT Pemuda GKST Ke-69 Klasis Poso Pesisir

Hal ini dilakukan agar roda perekonomian serta kejayaan kota Tua Bonesompe kembali berkembang dikarenakan kendaran-kendaraan dari luar daerah Poso yang melintasi wilayah ini. “Apa yang tengah kami bangun dan upayakan tentunya merupakan hal yang baik demi perkembangan Kota Poso ke depannya, olehnya kami membutuhkan dukungan serta partisipasi masyarakat dalam setiap program pemerintah” harap Bupati Darmin menutup sambutannya. (GP)

KOMENTAR