Poso, PPID – Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Antara Bupati Poso dengan Pimpinan DPRD Kabupaten Poso terhadap Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun Anggaran 2020 bertempat di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Poso, Jumat malam 15 November 2019. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah yang telah mengalami 2 kali perubahan yaitu Permendagri Nomor 59 tahun 2007 dan nomor 21 tahun 2011, bahwa pembahasan APBD yang diajukan oleh Kepala Daerah kepada DPRD didahului dengan pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara APBD TA 2020.

Baca Juga :  Poso Jadi Percontohan Daerah Budaya Lokal di Sulawesi Tengah


Oleh karena tahapan ini telah dilaksanakan melalui pembahasan di tingkat Badan Anggaran DPRD Kabupaten Poso yang dilaksanakan baik itu melalui rapat Internal Pimpinan dan anggota Badan Anggaran, Rapat Konsultasi Badan Anggaran bersama Komisi-Komisi DPRD Kabupaten Poso, Rapat Badan Anggaran bersama pihak eksekutif dalam hal ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan telah disepakati bersama KUA serta PPAS APBD Kabupaten Poso tahun anggaran 2020. Sebelum sidang dimulai, Sesi Kristina D. Mapeda, SH, MH selaku Pimpinan Sidang menyampaikan bahwa DPRD Kabupaten Poso sepenuhnya mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Poso untuk meraih penghargaan Adipura dengan mengganti semua minuman-minuman yang berasal dari plastic guna mengurangi sampah plastic dan menggantikannya dengan botol minuman tumbler.

Baca Juga :  Musrenbang Cluster II : Tahun 2019 Sebagai Tahun Percepatan Pembangunan


Hal ini mendapat apresiasi tepuk tangan dari semua anggota dan tamu/undangan yang hadir dimana terlihat sinergitas dan hubungan kerjasama yang baik antar 2 lembaga tersebut. Ditemui seusai sidang berlangsung, Bupati Darmin menyatakan apresiasi dan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Poso yang memberikan contoh bagi lembaga-lembaga lainnya dalam mengurangi sampah plastic di Kabupaten Poso.


“Usaha dalam meraih penghargaan Adipura merupakan cita-cita kita bersama tentunya yang ingin memperbaiki citra Kabupaten Poso dan juga mengajarkan kita untuk belajar hidup bersih dan sehat menjaga lingkungan sekitar kita” ungkap Bupati Darmin. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Poso, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Para Asisten, Pimpinan OPD, Anggota bersama Pimpinan DRPRD Kabupaten Poso. (GP)

KOMENTAR