Poso, PPID – Melaunching kampung KB, Pengendalian Penyusunan Renstra Cerdas berbasis E-Controling serta Sistem Informasi Data Terpadu Pertanian (SI-TANI), Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu bersama Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si juga menyerahkan penghargaan kepada petani & penyuluh pertanian teladan serta bantuan alat-alat olahraga dalam rangka pembinaan atlit pada pelaksanaan Apel Bersama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Senin 18 November 2019 bertempat di Halaman Kantor Bupati Poso.

Di hadapan seluruh pegawai negeri sipil, Wabup Samsuri yang menerima Apel tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwa kesempatan yang dirangkaikan dengan beberapa agenda kegiatan pada kali ini merupakan agenda penting yang menunjang peningkatan kemajuan daerah. Untuk launching Kampung KB sendiri ditandai dengan penandatanganan kesepakatan    program dan kegiatan terpadu pada 29 kampung KB yang tersebar di 19 kecamatan se-Kabupaten Poso oleh Bupati Poso bersama 17 OPD terkait.

Baca Juga :  Pembukaan Kegiatan FGD dalam rangka Penyusunan Publikasi Kabupaten Poso Dalam Angka 2019

Kampung KB ini merupakan miniatur atau gambaran dari sebuah desa yang di dalamnya terdapat keterpaduan program pembangunan kependudukan KB dan pembangunan keluarga yang disinergikan dengan program pembangunan sector terkait yang dilaksanakan oleh OPD secara sistemik dan sistematis. Dari 13 Kabupaten / Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Poso merupakan kabupaten pertama yang memiliki dasar pelaksanaan keterpaduan program di Kampung KB oleh lintas sector dengan Peraturan Bupati No. 23 tahun 2019 tentang “Pemberdayaan Kampung KB secara terpadu”.

Sedangkan untuk launching Pengendalian Penyusunan Renstra Cerdas berbasis E-Controling yang ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati bersama Wabup Poso dimana program ini selain bertujuan untuk mewujudkan sinergitas pembangunan antara stakeholders di Kabupaten Poso juga menjaga konsistensi penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah. Dengan adanya program ini dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam perencanaan pembangunan daerah serta memudahkan dalam melakukan fungsi pengendalian penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah.

Baca Juga :  Poso Memuncak Kembali Raih Penghargaan Tertinggi

Untuk program Sistem Informasi Data Terpadu Pertanian (SI-TANI)  sendiri menjadi sebuah wadah yang dibuat untuk memudahkan para petugas lapangan, penyuluh pertanian lapangan, petugas informasi pasar pertanian, petugas statistic bidang perkebunan dan peternakan di kecamatan. System ini juga memuat informasi tentang luas lahan pertanian, luas tanam dan panen, produktivitas dan produksi tanaman pangan, hortikultura serta informasi lainnya yang relevan untuk menunjang perencanaan pembangunan pertanian.

Terkait dengan pemberian penghargaan bagi 4 orang penyuluh dan 2 orang staff Lapangan teladan tingkat Kabupaten Poso, Wabup Samsuri mengatakan bahwa hal ini dimaksudkan untuk memotivasi para penyuluh agar lebih meningkatkan kinerja melalui pemberian pelayanan prima dalam emnyelenggarakan penyuluhan. Penghargaan ini berupa studi banding ke Balai Benih Padi Maros Sulawesi Selatan sedangkan penghargaan yang diberikan kepada 32 orang petani teladan dari 8 Daerah Irigasi Binaan di 5 kecamatan tingkat Kabupaten Poso ini, dimaksudkan untuk memberi motivasi bagi para petani dalam peningkatan kinerja melalui adopsi teknologi yang diperkenalkan dalam kegiatan penyuluhan.

Baca Juga :  "Langkah Darmin-Samsuri Menuju WTP "

Adapun hadiah serta penghargaan yang diterima oleh petani teladan ini berupa uang tunai sebesar Rp 2.500.00,-. Ini dilakukan oleh Pemerintah Daerah karena menurut Wabup Samsuri bahwa penghargaan ini sebagai peningkatan motivasi para petani dan penyuluh pertanian dalam Pelaksanaan Program Pengembangan Irigasi Berbasis Partisipasi Masyarakat (IPDMIP).

“Melalui berbagai inovasi dari para ASN ini, diharapkan mampu memberikan dampak besar terhadap peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat serta peningkatan system dan aplikasi yang memudahkan kinerja para ASN demi pelaksanaan pembangunan Kabupaten Poso yang semakin baik, akuntabel dan transparan” ungkap Wabup Samsuri. Sementara penyerahan bantuan alat-alat olahraga dilakukan Pemerintah Daerah dalam rangka pembinaan atlit yang dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA)  Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Morowali Utara pada tahun 2020 mendatang. (GP)

KOMENTAR