Poso, PPID – Dalam rangka meningkatkan layanan informasi publik di wilayah Kabupaten Poso, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Poso melaksanakan Sosialisasi Aplikasi Poso Meole. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Pogombo Kantor Bupati Poso yang dihadiri oleh Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M. Si didampingi Kadis Kominfosandi Kabupaten Poso. Selain itu turut hadir juga narasumber dari Chief Marketing Officer Integra Teknologi Solusi, Ali Mujib. Kegiatan sosialisasi ini diikuti beberapa perwakilan OPD terkait dilingkup Pemda Kabupaten Poso.  (27/11/2019)

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Kepala  Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Poso, Markarma Lasimpala, SP, MP mengatakan bahwa Aplikasi Poso Meole merupakan sebuah layanan berbentuk aplikasi web yang  dirancang sebagai sistem pelaporan peristiwa berbasis visual dan lokasi yang mudah diakses oleh masyarakat untuk menyalurkan saran, kritikan, aspirasi terhadap pelaksanaan pemerintahan dan  pembangunan daerah.

Baca Juga :  Demi Pembangunan yang Merata, Bupati Poso Menandatangani Kerjasama Pemenuhan Wajib Pajak

Adapun dasar pelaksanaan aplikasi Poso Meloe yaitu  :

  1. Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE);
  2. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang  Keterbukaan Informasi Publik (KIP);
  3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik;
  4. Keputusan Menteri PAN Nomor 63 Tahun 2013 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik;
  5. Surat Edaran Bupati Poso, Nomor : 555/2189/IX/2019  tanggal 18 September Tahun 2019, perihal Penggunaan Teknologi Informasi (Sistem Pemerintahan Berbasis      Elektronik);
  6. Dokumen Pelaksanaan Anggaran Organisasi Perangkat Daerah Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Poso Tahun 2019.

Dengan adanya aplikasi Poso Meloe nantinya akan mendukung transparasi pemerintah daerah dalam menyampaikan informasi terkait dengan proses penyelenggaraan pemerintahan, dan informasi itu dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Mengukuhkan Satgas Saber Pungli Poso

Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si yang membuka kegiatan ini, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi  kepada  Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Poso bersama jajarannya yang telah memprakasai kegiatan ini. Karena didalam era keterbukaan yang sistemnya serba IT ini memang dituntut untuk mampu menyesuaikan dengan pelayanan informasi terstruktur melalui cara keterbukaan dengan sejauh mana kita bisa implementasikan. Sesuai dengan visi misi pemerintah daerah yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa, jadi pemerintah yang bersih dan berwibawa tentunya tidak lepas dari keterbukaan/transparansi. Tentunya  membutuhkan suatu komitmen kebersamaan kita untuk memahami suatu sistem yang nantinya akan kita berikan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Upacara 17 Bulan Berjalan, Wabup Samsuri Resmikan 115 Anggota BPD

Wabup juga berharap aplikasi ini dapat menjadi sarana aspirasi dan pengaduan masyarakat dengan tujuan meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.

KOMENTAR