Poso, PPID – Pelatihan Sistem Perencanaan Desa bekerjasama dengan Yayasan Panorama Alam Lestari Poso bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Poso khususnya melalui Pemerintah Kecamatan Lore Barat. Bupati Poso dalam hal ini diwakili oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Poso Frits Sam Purnama SH, M.Ap membuka secara resmi Pelatihan Sistem Perencanaan Desa didampingi Direktur Yayasan Panorama Alam Lestari Yopi Hari dan Camat Lore Barat Ruli R Labulu A.Pi serta seluruh peserta se- Kecamatan Lore Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Kartika, (28/11/2019).

Dalam sambutan Bupati Poso yang disampaikan oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Poso Frits Sam Purnama SH, M.Ap mengatakan sangat mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada pelaksana kegiatan Yayasan panorama alam Lestari Poso bahkan seluruh peserta yang telah hadir ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan serta tentang menyusun rencana strategis pembangunan desa di wilayah Lore Barat.

Baca Juga :  Penerima SK Pangkat dan Berkala Wajib Setor 5 Kg Sampah Plastik

Perencanaan pembangunan desa adalah proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah desa dengan melibatkan badan permusyawaratan desa dan unsur masyarakat secara partisipatif guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya desa dan tujuan pembangunan desa.

Oleh karena itu, pengetahuan dan kapasitas di tingkat desa dari para stakeholder harus mampu memahami sistematis penyusunan strategis tentang rencana pembangunan desa yang terintegrasi. Sehingga dengan pelatihan yang diselenggarakan Yayasan panorama alam Lestari dengan berbagai elemen masyarakat melalui program konsorsium bersama relawan dan alam bekerjasama NTFP indonesia Lore barat diharapkan mampu menjembatani peningkatan kapasitas sumber daya manusia, Pemerintah Desa, LPM, BPD, dan masyarakat di dalam tahapan serta mekanisme perencanaan desa dan daerah.

Baca Juga :  Apel Bersama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dirangkaikan dengan Launching e-Planing dan Clinic Cerdas e-Planing

Sehingga perencanaan pembangunan desa nantinya secara holistik dapat mengakomodir seluruh aspek yang berkaitan dengan proses serta capaian pembangunan desa yang terintegrasi bagi dalam tahapan level kebijakan perencanaan pembangunan.

“Saya selaku pemerintah daerah sangat mengharapkan kegiatan strategis ini dapat berjalan sesuai karena itu saya meminta kepada para fasilitator dan narasumber dalam pelatihan ini untuk memberikan tambahan pengetahuan melalui materi yang diharapkan kepada peserta pelatihan dengan menggunakan bahasa informatif dan komunikatif sehingga para peserta mudah memahami materi yang disampaikan tersebut.” Ujar Ass II

Akhirnya dalam pelaksanaan pelatihan ini “saya harapkan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah masing-masing dapat terwujud sesuai dengan program dan perencanaan” . (Ophi E)

KOMENTAR