Jakarta, PPID – Kabupaten Poso masuk 10 besar Tingkat Nasional yang meraih Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik tahun 2019 yang diberikan oleh Ombudsman RI pada Rabu siang 27 November 2019 di Grand Ball Room JS Luwansa Hotel Jakarta. Diterima langsung oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu, penghargaan ini sebagai hasil survey atau penilaian tingkat kepatuhan terhadap standar pelayanan public yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dengan berbagai produk layanan yang diberikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pemda Poso memperoleh nilai sebesar 95,95 dengan 64 jumlah produk layanan seperti yang terdapat pada Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendidikan & Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan serta Dinas Pertanian. Ketua Ombudsman RI, Prof. Amzulian Rifai menyatakan bahwa penilaian terhadap pemenuhan komponen standar pelayanan di 215 pemerintah kabupaten ini menunjukkan 33,02% atau 71 Pemkab yang baru masuk dalam zona hijau dengan predikat kepatuhan tinggi dan salah satunya adalah Kabupaten Poso yang berhasil menempati urutan ke-7 dengan perolehan nilai hampir mencapai 100 di tingkat nasional.

Baca Juga :  Menata Kelembagaan Manajemen ASN, Pemkab Poso Datangkan Kepala BKN Regional IV
Pemda Poso memperoleh nilai sebesar 95,95 dengan 64 jumlah produk layanan

“Penilaian serta pemeriksaan tingkat kepatuhan terhadap standar pelayanan public ini dilakukan sejalan dengan PP nomor 2 tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMD) 2015-2019 yang menuntut baik pemerintah pusat maupun daerah untuk mematuhi UU nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan public” jelas Amzulian. Menurutnya lagi bahwa survey kepatuhan ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya tindakan mal administrasi pada unit layanan public pemerintah dengan upaya pemenuhan komponen standar pelayanan sebagaimana diatur dalam peraturan yang ada.

Bupati Darmin yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Poso bersama beberapa Pimpinan OPD yang telah disurvei pelayanan publiknya, seusai menerima penghargaan tersebut mengungkapkan bahwa apa yang telah diupayakan oleh Pemerintah Daerah saat ini, merupakan niat tulus serta kerja keras yang dilakukan oleh para aparatur untuk pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Tana Poso. “Penghargaan ini merupakan penghargaan yang baru pertama kali diterima oleh Kabupaten Poso, sehingga kita patut berbangga karena selain bisa memperoleh penghargaan ini, prestasi besar juga ditorehkan sekaligus dimana Kabupaten Poso berhasil masuk dalam 10 besar tertinggi untuk Pemerintah Kabupaten di seluruh wilayah Indonesia” terang Bupati Darmin

Baca Juga :  Poso Berbenah, Peningkatan Penyelesaian Temuan di Tingkat OPD
Bupati Poso bersama Sejumlah OPD Terkait yang telah disurvey oleh Ombudsman RI

Dengan adanya survey kepatuhan yang dilakukan oleh Ombudsman ini, lanjutnya lagi membuktikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Poso mampu memenuhi standar pelayanan public untuk mempercepat peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Adapun mekanisme pengambilan data survey kepatuhan ini dilakukan dengan mengamati tampakan fisik, observasi secara mendadak, serta bukti foto yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada bulan Juli dan Agustus 2019 yang lalu.

Poso patut berbangga, karena dari sejumlah Kabupaten yang ada, Poso mampu mendobrak keberhasilan dengan meraih beberapa penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang pada beberapa tahun terakhir ini mengalami peningkatan baik secara fisik pembangunan maupun pelayanan terhadap masyarakat. Dan salah satu pengakuan ini terbukti datang dari lembaga negara yang benar-benar memiliki kewenangan khusus dalam mengawasi penyelenggaraan public.

Baca Juga :  Hidup Toleransi antar Umat Beragama di Tana Poso

“Apa yang telah kami berikan selama ini kepada masyarakat merupakan bentuk pengabdian kami, saya selaku Pimpinan Daerah mempersembahkan penghargaan ini bagi seluruh masyarakat Kabupaten Poso, sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama yakni menyetarakan diri dengan kabupaten maju lainnya di wilayah Indonesia mulai nampak nyata dan ada hasil yang baik untuk kami persembahkan bagi Tana Poso” tutur Bupati Darmin. Adapun kegiatan penganugerahan penghargaan ini dihadiri oleh beberapa lembaga maupun kementrian, pemerintah provinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia. (GP)

KOMENTAR