Jakarta, PPID – Belum lewat sehari, satu lagi pengakuan datang dari sebuah perusahaan media online dan riset di bidang ekonomi dan bisnis yang memadukan kekuatan jurnalistik dan ketajaman analisis yang bekerja sama dengan Kementrian Dalam Negeri RI memberikan penghargaan kepada Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu atas capaian indeks kelola yang banyak melakukan inovasi terhadap pembangunan daerah, Kamis malam 28 November 2019 bertempat di XXI Ballroom Djakarta Theater. Dari seluruh kabupaten yang ada di Indonesia, Katadata Insight Center (KIC) berhasil menjaring 64 Kabupaten dan Kota yang dinilai berprestasi dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan salah satunya adalah Kabupaten Poso yang terpilih sebagai daerah terbaik kategori Outcome Kesehatan.

Adapun proses penilaian indeks kelola dilakukan melalui metode pengukuran kinerja dan efektivitas pengelolaan APBD dalam pembangunan daerah yang merupakan hasil kerjasama KIC dengan panel ahli ekonomi independen. Penilaian indeks kelola ini dibagi dalam empat kategori yakni pendidikan, kesehatan, kesehjateraan dan pembangunan ekonomi dengan penilaian efektivitas pengelolaan anggaran daerah yang mencakup administrative, kuantitatif, dan kualitatif.

Baca Juga :  Puncak Peringatan Hari Koperasi Ke-72 di Kabupaten Poso
Kabupaten Poso terpilih sebagai daerah terbaik kategori Outcome Kesehatan dalam mengelola APBD

Kabupaten Poso yang mulai banyak mendapat sorotan baik dari Pemerintah Pusat juga rupanya tak luput dari sorotan lembaga-lembaga yang menyediakan berbagai informasi dan data kredibel tentang ekonomi, bisnis dan finansial Indonesia seperti KIC ini. Menurut Heri Susanto selaku Chief Content Officer Katadata mengungkapkan bahwa pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang dianggap mampu dalam mengelola APBD-nya ini meliputi komponen penilaian administrative seperti Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas hasil audit BPK dan aspek kualitatif seperti inovasi dan terobosan kebijakan.

Untuk Kabupaten Poso sendiri keberhasilannya diukur atas kinerja dan efektivitas serta pengelolaan APBD yang berdampak langsung pada masyarakat khususnya pada outcome kesehatan sebagai kelompok 2 terbaik se-Indonesia. Proses analisis data ini dimulai dengan pengelompokkan 508 kabupaten dan kota se-Indonesia ke dalam empat kelompok menurut besarnya APBD per kapita dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) hingga akhirnya Kabupaten Poso masuk dalam berbagai kriteria penilaian tersebut.

Baca Juga :  RSUD Poso Raih Predikat Akreditasi Madya Bintang Tiga
Malam penganugerahan penghargaan Indeks Kelola 2019 yang dihadiri oleh Wakil Menteri Keuangan RI, Suahazil Nazara

Salah satu yang menjadi daya tarik utama Kabupaten Poso masuk dalam penilaian ini adalah dimana Pemkab Poso dinilai tidak hanya mengoptimalkan alokasi anggarannya saja melainkan juga focus pada pencapaian hasil pembangunan.

Malam penganugerahan penghargaan Indeks Kelola 2019 yang dihadiri oleh Wakil Menteri Keuangan RI, Suahazil Nazara ini mengatakan bahwa dengan adanya penghargaan ini diharapkan akan lahir pemimpin-pemimpin daerah yang berprestasi dan siap untuk maju ke pentas nasional. “Selaku Pemerintah Pusat, tentunya kami sangat mengharapkan sinergitas dari semua kepala-kepala daerah dalam menjaga ketepatan alokasi anggarannya dalam proses pembangunan, seperti apa yang dilakukan oleh Pemerintahan Jokowi saat ini yakni lebih menguatkan pada pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jembatan, jalan tol dan lain sebagainya sebagai modal atau asset kita bagi generasi yang akan datang” kata Suahazil.

Baca Juga :  Rakor Penanggulangan Kemiskinan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Poso Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan

Bupati Darmin yang ditemui seusai menerima penghargaan tersebut mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan dorongan tersendiri bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso agar ke depannya Pemkab akan lebih berupaya lagi mencapai keberhasilan pembangunan yang tidak saja hanya ditekankan pada jumlah kekayaan alam yang dimiliki, melainkan juga keberhasilan di bidang pembangunan Sumber Daya Manusia serta berbagai perbaikan-perbaikan dalam pemerintahan.

Keberhasilan yang diperoleh Kabupaten Poso, lanjutnya lagi adalah usaha Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang juga tentunya selalu mendapat dukungan penuh dari masyarakat Kabupaten Poso. “Olehnya, selaku Kepala Daerah, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang dengan rela hati serta niat tulus selalu bersama-sama mendukung setiap program pemerintah daerah demi perbaikan serta perubahan Kabupaten Poso ke arah yang lebih baik lagi” ucap Bupati Darmin.

Adapun tim ahli penilaian ini terdiri dari Kepala Pokja Pemantauan dan Evaluasi Tim Nasional Percepatan Pemberantasan Kemiskinan (TNP2K) Dr. Elan Satriawan, M.Ec serta beberapa praktisi pendidikan dari berbagai Universitas bergengsi di Indonesia dan Ahli Indeks Kelola Gumilang Aryo Sahadewo, SE, M.A, Ph.D. (GP)

KOMENTAR