Siuri, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu hadir langsung dalam acara Rapat Kerja Dinas Kesehatan se-Kabupaten Poso yang juga dirangkaikan dengan Serah Terima Jabatan beberapa Kepala Puskesmas di Kabupaten Poso, Sabtu 18 Januari 2020 bertempat di Siuri Cottage. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. N Taufan Karwur bersama Sekretaris Dinkes Poso, Beberapa Pimpinan OPD, Camat Pamona Puselemba, para Kepala Puskesmas se-Kabupaten poso serta beberapa staff Dinkes Poso.

dr. Taufan Karwur selaku Pimpinan Dinas tersebut melaporkan bahwa salah satu target Pemerintah secara Nasional adalah menurunkan prevalensi penyakit infeksi schistosomiasis di Kabupaten Poso. Ia juga melaporkan bahwa berdasarkan hasil surfei  yang dilakukan di tahun 2019, prevalensi schistosomiasis pada manusia di Kabupaten Poso ada di angka 0,11%. “Ini merupakan prevalensi terendah yang dicapai sepanjang sejarah keberadaan penyakit schistosomiasis di Kabupaten Poso” terang dr. Taufan. Ia juga melanjutkan bahwa pada grafik tersebut ada kecenderungan yang menunjukkan hal baik yaitu pada tahun 2017 dimana prevalensi yang berada di angka 1,2% menurun hingga 0,36% di tahun 2018.

Baca Juga :  Poso Berhasil Memenuhi Standart Nasional Dalam Pelayanan PKB/PLKB
Laporan secara umum Hasil Kerja Dinas Kesehatan di Tahun 201 oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Poso dr. Taufan Karwur

Selanjutnya Ia pun memaparkan lagi bahwa di tahun 2019 angka tersebut sudah turun menjadi 0,11%, “Untuk meraih keberhasilan dalam memberantas penyakit ini, atas upaya bersama serta dorongan motivasi yang kuat dari Bapak Bupati Poso, kemudian kami secara khusus Dinkes Poso di tahun 2020 ini akan berupaya keras untuk mencapai angka 0% pada manusia” jelas dr. Taufan. Ia pun melanjutkan bahwa target ini merupakan dorongan serta instruksi langsung yang diberikan oleh Bupati Poso agar Dinkes Poso dapat memaksimalkan usahanya untuk melakukan eradikasi atau pemberantasan penyakit ini.

Tak hanya itu saja, mengevaluasi kinerja Dinkes di tahun 2019, sejumlah keberhasilan dalam mengikutsertakan akreditasi semua puskesmas di Kabupaten Poso dapat terwujud dengan baik. Dimana menurut dr. Taufan bahwa usaha bersama ini juga tak lepas dari bantuan serta dukungan Bupati Poso yang tak henti-hentinya terus menggenjot serta memotivasi para tenaga kesehatan untuk memaksimalkan pelayanannya terhadap masyarakat.

Baca Juga :  Kepala BNNP Sulteng Kunjungi Poso
Bupati Poso Darmin Sigilipu saat memberikan arahan terkait dengan hasil kinerja Dinkes Kabupaten Poso di tahun 2019

Menanggapi hal tersebut, Bupati Poso Darmin Sigilipu mengapresiasi atas kerja keras Dinkes yang selama ini dinilainya mampu bersinergi serta dapat menyesuaikan dengan pola kerjanya. “Karena apa yang kita usahakan bersama tentunya untuk kebaikan masyarakat dan pembangunan Kabupaten Poso khususnya di bidang kesehatan” ucap Bupati Poso Darmin Sigilipu.

Terkait dengan rapat evaluasi yang di selenggarakan ini, menurut Bupati Darmin merupakan langkah cerdas untuk melihat sejauh mana capaian program kegiatan Dinkes di tahun Anggaran 2019 dapat terwujud. Karena lanjutnya lagi bahwa secara keseluruhan Dinkes Poso merupakan Leading Sektor peningkatan derajat Kesehatan masyarakat agar lebih bermutu dan berkwalitas serta merupakan salah satu sektor yang menjadi pusat perhatian yang sudah tertuang dalam visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Pengembangan Program Kabupaten/Kota Sehat di Kabupaten Poso
Dialog bersama Kepala Puskesmas dalam Rapat Kerja Dinas Kesehatan, Sabtu 18 Januari 2020

“Tidak hanya terus bekerja, melainkan juga dibutuhkan suatu masa untuk melakukan evaluasi bersama terhadap sejumlah hasil kerja bersama agar kita mampu untuk menilai serta mengevaluasi diri dalam tugas dan pekerjaan kita dalam melayani masyarakat” ungkap Bupati Poso Darmin Sigilipu. Sedangkan untuk masalah mutasi dan promosi jabatan pada organisasi pemerintahan menurut Bupati Poso bahwa ini merupakan hal biasa, sebagai penyegaran suasana dan untuk menambah pengalaman kerja bagi setiap Aparatur Sipil Negara.

Sehingga lanjutnya lagi bahwa ini akan menjadi motivasi serta persaingan yang sehat dan profesional dalam wujud memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Adapun Kepala Puskesmas yang melaksanakan serah terima jabatan yakni Puskesmas Tokorondo dari Farni Ukmajdasari, S.Kep kepada Faisal Podungge, SKM ; Puskesmas Tangkura dari Yublin Rangga, SKM kepada Pejabat baru Yafe E. Maradindo, S.Kep Ns.; Puskesmas Tambarana dari I Wayan Budi, SKM kepada Pejabat Baru I Nyoman Sudana, SKM ; dan Puskesmas Meko dari Dieni S. Madolo, SKM kepada Pejabat baru Masni O Toralawi.

Usai menghadiri kegiatan tersebut, Bupati Poso Darmin Sigilipu, melanjutkan kunjungan  kerjanya ke  Puskesmas Tonusu untuk mempersiapkan puskesmas ini melakukan reakreditasi di tahun 2020. Ia pun melakukan dialog bersama dengan para pegawai puskesmas guna menyelesaikan sejumlah kebutuhan serta kendala yang dihadapi oleh puskesmas yang melayani 6 desa tersebut. (GP)

KOMENTAR