Kalamalea, PPID – Sebagai bentuk penghargaan serta apresiasi Pemerintah Daerah kepada organisasi pemuda yang telah berperan aktif dan berkontribusi mendukung misi pembangunan Kabupaten Poso di bidang peningkatan kualitas SDM, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu yang didampingi Ketua DPRD bersama Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Poso menghadiri Syukuran Karang Taruna Pancula Ndeme yang berhasil meraih peringkat V Karang Taruna Teladan Tingkat Nasional. Kegiatan ini digelar atas dasar bentuk syukur warga masyarakat Poso Kota Utara dan Kelurahan Madale pada khususnya atas prestasi yang diraih oleh kelompok anak muda tersebut sehingga berhasil mewakili Provinsi Sulawesi Tengah di ajang Nasional dan meraih peringkat ke-V.

Baca Juga :  Aparatur Desa Yang Cerdas, adalah Harapan Seluruh Masyarakat


Dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota se-Indonesia, Karang Taruna “Pancula Ndeme” berhasil mengalahkan para pesaing dimulai dari penilaian di tingkat Kabupaten hingga Provinsi yang dimulai sejak bulan April 2019 yang lalu. Karang Taruna sendiri merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan yang bertumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah desa/kelurahan.


Dengan sejumlah kegiatan yang digelar, keberadaan organisasi ini menurut Bupati Poso Darmin Sigilipu merupakan organisasi yang bermanfaat serta bertujuan dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial. Menurut Bupati Darmin bahwa Karang Taruna juga didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para generasi muda, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.

Baca Juga :  TPA Diresmikan, Kerinduan Masyarakat Poso Terjawab


“Selaku Kepala Daerah, saya mengajak agar setiap Karang Taruna yang ada di Kabupaten Poso, menjadikan ini sebagai contoh yang baik serta berlomba-lomba untuk dapat bersaing secara sehat dengan tetap terus menciptakan inovasi-inovasi terbaik bagi pembangunan Kabupaten Poso” kata Bupati Darmin. Ia juga mengakui bahwa dengan adanya beragam kegiatan serta inovasi yang diciptakan para generasi muda ini diharapkan mampu menciptakan kualitas SDM yang mumpuni menghadapi perkembangan zaman.


Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Para Pimpinan OPD, Sekretaris Dinas Sosial, Unsur Muspika Poso Kota Utara, Lurah se- Poso Kota Bersatu dan masyarakat desa yang berada di seputaran dusun Kalamalea Kecamatan Poso Kota Utara, Selasa (22/1/2019). (GP)

KOMENTAR