Poso, PPID – Dalam hubungan sinergitas antara Pemerintah Daerah dan Rumah Tahanan Klass II B Poso, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menyaksikan secara langsung Serah Terima Jabatan dan Pisah Sambut Kepala Rumah Tahanan Negara Klas II B Poso bersama Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah Zulkifli, SH, MH, Jumat pagi 23 Januari 2020 bertempat di Halaman Rutan Klas II Poso. Didampingi Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN/BUMD serta beberapa Pejabat Lingkup Pemda Poso, Bupati Poso Darmin Sigilipu menyaksikan prosesi penandatanganan berita acara serah terima jabatan Kepala Rumah Tahanan Negara Klass II B Poso yang lama Gamal Bardi, BC.IP, SH kepada Tomy Elyus, A.Md.IP, S.Sos, SH, M.Si.

Baca Juga :  Ambransius Resmi Gantikan Almh. Shinta Kalahe, Bupati Darmin : Keberhasilan Pembangunan Tidak Lepas Dari Peran Serta Anggota DPRD

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan serah terima jabatan yang ditandai dengan penyerahan memori jabatan dari Pejabat Lama kepada Pejabat Baru diikuti dengan serah terima Ketua Darma Wanita Persatuan. Dalam Sambutan Pejabat Lama, Gamal Bardi, mengucapkan terima kasih atas perhatian serta kerjasama yang baik bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dan semua unsur yang ada baik dari pihak TNI/Polri maupun instansi lainnya.

Ia mengatakan bahwa bukti kerjasama serta koordinasi yang terus terbina selama ini merupakan adanya hasil hubungan silahturahmi yang baik serta dukungan penuh yang diberikan oleh Pemda Poso terhadap tugas dan pelayanan Rutan Klass IIB Poso. Sementara itu, Pejabat Baru, Tomy Elyus, mengatakan akan meneruskan kerjasama serta sinergitas yang telah terjalin selama ini dengan semua pihak.

Baca Juga :  Pisah Sambut Dandim 1307 Poso

“Selaku Pejabat Baru, saya akan meneruskan hal baik yang telah dibangun selama ini, dan saya juga akan berusaha untuk lebih meningkatkan lagi kepelayanan serta tanggung jawab yang lebih baik lagi bagi Rutan Klass IIB Poso” ucap Tomy. Menanggapi hal tersebut, Bupati Poso Darmin Sigilipu mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama serta menyambut kehadiran pejabat baru seraya mengharapkan terus terbinanya hubungan kerjasama yang baik sehingga program-program pemerintahan baik di Lingkungan Pemda maupun di Kementrian Hukum dan Ham dapat terlaksana secara optimal.

“Program-program bagi warga binaan di Rutan harus dilakukan secara komprehensif dan bersinergi antar lembaga maupun instansi sehingga setelah menjalani binaan dan kembali ke masyarakat, mereka dapat menyesuaikan diri dengan cepat serta tidak mengulangi perilaku yang sama” ucap Bupati Darmin Sigilipu. Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Zulkifli, mengatakan bahwa pergantian Kepala Lapas yang dilakukan di awal tahun sesuai dengan instruksi dari Presiden RI yang menyatakan bahwa upaya-upaya strategis dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Badan Kemenkumham harus dimulai sejak dini atau pelaksanaannya harus benar-benar dapat diterapkan di awal tahun sebagai wujud dari penyegaran dalam organisasi.

Baca Juga :  Apel Bersama di Lingkungan Pemda Poso

“Dengan adanya penyegaran ini, diharapkan organisasi dalam lembaga yang merupakan salah satu unit utama dari Pemasyarakatan dengan tugas dan fungsi sebagai pelayanan ini, dapat benar-benar menciptakan penyelenggaraan organisasi yang baik, efektif dan efisien” ungkap Zulkifli. Kegiatan yang juga dihadiri oleh Pegawai Kanwil Kemenkumham Sulteng dan pegawai di lingkungan Rutan Klass II B Poso ini diakhiri dengan penyerahan cenderamata yang diberikan kepada Pejabat Lama. (GP)

KOMENTAR