Mapane, PPID – “Marilah kita selalu berpikiran Cerdas atau berpikir secara Cerdas, kalau kita sudah berpikir secara Cerdas, pastilah kita bisa berucap dengan cerdas, melakukan segala sesuatu pun dengan cerdas. Tidak saja hanya cerdas tetapi juga jadilah orang-orang yang berhikmat, memilah mana yang baik dan yang tidak baik untuk masa depan Kabupaten Poso yang lebih baik” ajak Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengawali sambutannya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tahun 2020 Cluster IV Poso Pesisir, Poso Pesisir Utara dan Selatan, Senin 17 Februari 2020 di Balai Desa Mapane Poso Pesisir. Olehnya Ia menambahkan bahwa segala kritikan maupun masukan dari masyarakat, merupakan konsultan gratis bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dalam melakukan pembangunan yang lebih baik di Tana Poso.

Ia juga menjelaskan bahwa sejatinya pembangunan yang saat ini dilakukan oleh Pemda Poso memang diawali dari Kota Poso dengan menimbang bahwa Kota Poso sendiri merupakan cerminan dari Kabupaten Poso sebagai wilayah Ibukota yang dilalui jalur trans Sulawesi sehingga dilintasi oleh beberapa kendaraan dari luar daerah yang akan menuju ke beberapa wilayah lain baik kabupaten maupun provinsi lainnya. “Ibaratnya bagaimana sebuah cermin yang baik, indah dan tidak kotor tentunya akan dipakai oleh banyak orang, begitu pula dengan Kota Poso, untuk menciptakan cerminan Ibukota Kabupaten yang baik dan indah maka dalam visi misi Pemerintah Daerah saat ini, kami berupaya untuk menata Kota Poso agar menjadi lebih baik dan indah” tutur Bupati Darmin.

Baca Juga :  Upacara Pembukaan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-102

Ia juga menambahkan bahwa dengan cerminan kota yang baik dan indah, maka tidak saja hanya dicintai oleh masyarakat Kota Poso melainkan juga oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Poso secara keseluruhan. “Kebijakan ini kami ambil demi menata, memperbaiki serta membangun Kabupaten Poso yang lebih baik serta memiliki nama baik dalam kondisi Poso yang mulai membangun dan patut diperhitungkan di kancah nasional” tegas Bupati Darmin.

Tak hanya dalam segi pembangunan fisik semata, meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Poso yang mulai naik dari tahun 2016 pada titik 68,83 menjadi 70,68 di tahun 2018 bahkan Kabupaten Poso yang mampu berada di posisi ke-3 dengan capaian IPM tinggi se-Provinsi Sulawesi Tengah menunjukkan bahwa Poso berkembang dengan pengaruh yang dimulai dari kebijaksanaan ekonomi terhadap kualitas hidup dan juga menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Hal ini dilaporkan oleh Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Poso saat membacakan laporan Pencapaian dan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Aparatur Desa Yang Cerdas, adalah Harapan Seluruh Masyarakat

Tak hanya itu saja, dilaporkan juga bahwa Kabupaten Poso memiliki nilai Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) yang naik sejak tahun 2016 pada nilai 8,67 menjadi 9,04 pada tahun 2018 dimana hal itu menunjukkan bahwa kualitas pendidikan masyarakat dalam wilayah Kabupaten Poso pun meningkat. Adapun untuk meneruskan keberhasilan pembangunan yang sudah dicapai dan juga selaras dengan amanat dalam UU Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan UU Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan Perda tentang RPJPD, RPJMD dan RKPD maka dipandang perlu adanya kegiatan ini untuk menyusun dokumen rencana pembangunan jangka pendek yaitu rencana kerja pemerintah daerah.

Baca Juga :  Bupati Darmin : Kerja Dalam Diam, Membangun Bagi Kebutuhan Masyarakat Poso

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Poso bersama beberapa anggota, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso bersama Pimpinan OPD, perangkat desa, BPD, LPM serta tokoh-tokoh masyarakat di wilayah Poso Pesisir ini berlanjut dengan pembacaan masing-masing laporan skala prioritas perencanaan pembangunan dari 3 kecamatan yang ada di Cluster IV. Laporan ini merupakan hasil mogombo lipu yang dilakukan sehari sebelumnya untuk menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di wilayahnya cluster IV.

Setelah penyampaian laporan tersebut dilakukan penandatanganan berita acara disaksikan oleh Lembaga Legislatif selaku lembaga perwakilan rakyat yang selanjutnya diserahkan kepada Bappelitbangda Kabupaten Poso untuk dibawa pada Musrenbang Tingkat Kabupaten. (GP)

KOMENTAR