Jogjakarta,PPID – Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (Sakip) Kabupaten Poso Tahun 2019 mendapat penghargaan nilai “B” pada ajang Sakip Award 2019 di Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta Senin, (24/02/2020) diterima langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH.dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI Tjahyo Kumolo. juga dihadiri Kepala BPKP Pusat Muhammad Yusuf Ateh, AK, MBA,.Gubernur Yogyakarta dan Gubernur Jawa Tengah.

Menurut Kabag Ortal Rulya Alamrie, SH, MH bahwa Penilaian Sakip Kabupaten Poso sebelumnya (2018) yang hanya mendapat kategori CC naik kelas menjadi kategori B di Tahun 2019 yang meliputi penilaian pada aspek perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan, evaluasi internal dan capaian kinerja.

Baca Juga :  Pemkab Poso Melaunching E-Planning, E-Budgeting dan E-SDGs

Lanjutnya, adapun penilaian yang dilakukan di tahun 2019 dengan melibatkan 20 opd sampel ditambah 2 kecamatan yang dinilai kelima komponen perencanaan, kinerja dan pelaporan tersebut.

Kegiatan Sakip Award sendiri merupakan kegiatan penyerahan hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah III (meliputi Provinsi DIY, Jateng, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua dan Papua Barat) yang diselenggarakan berdasarkan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah dan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Turut mendampingi Sekda Poso pada penyerahan penghargaan tersebut Inspektur Poso Abram Sigilipu Magido. S.Sos, M.Si, Kepala Bapelitbangda Poso Ir. Herniingsih Tampai, M.Si dan Kabag Ortal Rulya Alamrie, SH, MH sesuai perintah undangan yang terlampir.

Baca Juga :  Bupati Mengukuhkan Satgas Saber Pungli Poso

Prestasi yang membanggakan ini menurut Inspektur Poso Abram Sigilipu Magido, S.Sos, M.Si baru pertama kalinya dicapai di tahun 2020 “kita harus bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Poso, Sekda Poso dan seluruh OPD yang telah menunjukkan kinerja memberikan perubahan-perubahan yang signifikan bagi kemajuan Daerah Kabupaten Poso dan masyarakat Sintuwu Maroso Poso” Ujarnya.(RUS)

KOMENTAR