Poso, PPID – Funbike dan Adventure Bupati Cup dalam rangka Perayaan Hari Ulang Tahun Kota Poso Ke-125 tahun diiikuti oleh berbagai peserta dari seluruh penjuru Sulawesi, dilepas secara resmi oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu di Jalur 2 Kota Poso, Minggu pagi 23 Februari 2020. Kegiatan yang juga disponsori oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Poso dan Gowes Poso Community (GMC) ini terdiri dari kegiatan adventure bike dengan jarak 30km dan funbike yang berjarak 12km dengan rute yang menampilkan keindahan Kota Poso baik bagi adventure bike yang memutari Kelurahan Bukit Bambu serta Funbike yang mengelilingi keindahan dalam kota Poso.

Kemeriahan kegiatan yang berskala Regional Tingkat Sulawesi ini diikuti oleh para komunitas sepeda dari Kabupaten lain seperti ISSI Sigi Palu, Manis Manja Bike (MMB) Palu, Tarampeo cycling club (Wotu), Seke Demen Ngayung (SDN) Balinggi dan sejumlah komunitas dari Kabupaten tetangga lainnya seperti Luwu Timur, Touna dan Morowali. Bupati Poso Darmin Sigilipu dalam sambutannya sebelum melepas secara resmi peserta funbike dan adventure ini selaku Pemerintah Daerah dan bahkan atas nama seluruh komponen masyarakat Kabupaten Poso mengaku bangga dan bersyukur dimana Kota Poso kembali ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan lokal dari berbagai daerah yang ada di Pulau Sulawesi.

Baca Juga :  Pembukaan Turnamen Sepak Bola Pebato Cup

“Satu hal yang tak dapat dipungkiri bahwa selama kurun waktu terakhir ini, Kabupaten Poso menjadi sorotan dari berbagai daerah lainnya, karena selain sejumlah prestasi membanggakan yang ditorehkan juga karena Kabupaten Poso mampu menggelar beberapa kegiatan yang bersakala regional seperti ini maupun nasional seperti suksesnya pelaksanaan FDP dan TDCC pada beberapa waktu yang lalu” ungkap Bupati Darmin.

Prestasi membanggakan ini lanjutnya lagi bukanlah hasil kerja keras salah satu pihak semata melainkan merupakan dukungan penuh yang diberikan oleh masyarakat terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang mempercayakan proses pembangunan dan perubahan yang lebih baik di Tana Poso.

“Banyaknya perhelatan akbar serta kunjungan wisatawan di Kabupaten Poso khususnya Kota Poso menunjukkan bahwa adanya pengakuan resmi dari masyarakat luar bahwa Kabupaten Poso adalah daerah aman, damai dan layak untuk dijadikan salah satu destinasi wisata yang tidak kalah menariknya dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lainnya” tutur Bupati Darmin. Olehnya, sekali lagi Ia pun berterima kasih kepada seluruh komponen pihak penyelenggara yang telah berhasil dengan sukses mendatangkan sejumlah peserta dari berbagai daerah serta menyelenggarakan kegiatan positif yang dapat mengobarkan semangat persatuan di Bumi Sintuwu Maroso.

Baca Juga :  Bikers Camp Sintuwu Maroso

Ia pun mengakui bahwa kegiatan yang memiliki manfaat selain untuk kesehatan juga adanya hubungan silaturahmi yang baik dengan daerah-daerah lainnya ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk dapat menciptakan ide-ide kreatif dan aksi-aksi sosial lainnya. Satu hal menarik lainnya yaitu adanya keikutsertaan Bupati Morowali bersama Ketua TP-PKK Morowali dalam kegiatan bergengsi ini, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si pun nampak ikut dalam kegiatan funbike bersama sejumlah pejabat lainnya seperti Dandim 1307/Poso.

Semarak kegiatan ini juga nampak dengan adanya kegiatan-kegiatan photo booth di Lapangan Maroso, Senam bersama Komunitas Jalan Sehat dan aktivitas lainnya yang menambah kemeriahan suasana Lapangan Maroso di minggu pagi. Keuntungan lainnya yang didapatkan dari adanya perhelatan akbar ini, dimana para pedagang kecil maupun kaki lima di seputaran Lapangan Maroso mendapatkan tambahan penghasilan bila dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

Baca Juga :  Turnamen Futsal Bupati Cup 1

Di samping itu juga para pengusaha perhotelan serta rumah makan di Kota Poso juga mendapatkan keuntungan dari adanya kunjungan wisatawan yang berasal dari berbagai daerah ini. Bupati Darmin yang ditemui seusai melepas para peserta funbike dan adventure Bupati Cup ini mengakui bahwa kegiatan ini sejatinya mendatangkan keuntungan yang sangat besar bagi Kabupaten Poso khususnya warga Kota Poso karena selain sebagai ajang promosi wilayah ini juga dapat menambah penghasilan bagi para pedagang kecil dan pengusaha di bidang perhotelan maupun rumah makan yang ada di Kota Poso.

“Dalam artian bahwa kegiatan roda perekonomian di Kota Poso berputar dengan baik dengan adanya kegiatan-kegiatan besar seperti ini, tak heran sebuah Hasil Riset memasukkan Kota Poso dalam salah satu kawasan pertumbuhan kelas menengah stabil di Indonesia” ungkap Bupati Darmin. (GP)

KOMENTAR