Poso, PPID – Mayoa Kecamatan Pamona Selatan, Jumat 1 Mei 2020, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Poso mendampingi Kunjungan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusli Baco Dg Palabbi, S.sos, SH,MH dalam kegiatan Pemantauan Penanganan COVID-19 di wilayah Sulawesi Tengah. Bersama Danrem 132 Tadulako Kolonel Infantri Agus Sasmita dan Wakapolda Sulawesi Tengah Brigjen Polisi Nurwindiyanto, Wagub tiba di wilayah perbatasan sekitar pukul 15.30 wita yang sebelumnya bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang dipimpin langsung oleh Bupati Darmin meninjau langsung lokasi banjir di Kelurahan Sayo Poso Kota Selatan dan Desa Tagolu Kecamatan Lage.


Dalam upaya sinergitas Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dalam penanganan pandemic COVID-19 di wilayah Sulawesi Tengah terutamanya Kabupaten Poso sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan wilayah Sulawesi Selatan ini, tentunya Pemerintah sangat concern terkait dengan keberadaan para petugas yang berjaga dan melaksanakan tanggung jawabnya untuk menjaga wilayah perbatasan ini. Sejumlah bantuan pun dimulai dari APD dan sembako diserahkan guna menunjang lancarnya pekerjaan dan resiko besar yang dihadapi para petugas perbatasan ini, “Sebagai sinergitas dan keterpaduan kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Provinsi, tentunya kami sebagai Pemerintah sangan concern dengan para petugas yang bekerja di wilayah perbatasan ini, sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19 mereka juga tentunya membutuhkan perhatian dan bantuan seperti apa yang dilakukan pada saat ini” terang Bupati Darmin.

Baca Juga :  Menjalin Silaturrahmi antara Pemerintah Provinsi dan Pemda Kabupaten Poso
Pertemuan Koordinasi dan evaluasi antara Pemprov dan Pemda Poso dengan Pemerintah Kecamatan dan Desa di wilayah perbatasan


Kunjungan ini dilanjutkan dengan pertemuan singkat dengan Pemerintah Kecamatan serta Desa yang ada di wilayah itu sehubungan dengan koordinasi serta evaluasi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten terkait focus dan upaya Pemerintah dalam pencegahan lajunya tingkat penyebaran COVID-19 di wilayah Sulawesi Tengah dan Kabupaten Poso pada khususnya. Wagub Sulteng yang juga telah mengunjungi wilayah perbatasan Sulawesi Tengah lainnya seperti perbatasan Sulteng dengan Gorontalo serta perbatasan Sulteng dengan Sulbar ini, berharap agar masyarakat dapat bekerjasama dengan baik serta mendukung program-program maupun himbauan dari Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus ini.


“Membantu Pemerintah dengan menjaga penyebaran virus ini serta disiplin mengikuti anjuran-anjuran yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah sehingga tingkat penanganan COVID-19 di wilayah ini menjadi lebih sedikit berkurang” ungkap Wagub. Terkait dengan kunjungan Pemerintah Provinsi di lokasi banjir bersama Bupati Poso, Kapolres, Dandim 1307 dan Danyon 714/SM pada siang hari sebelumnya, Bupati Darmin menegaskan bahwa sejatinya kehadiran Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah di tengah-tengah musibah yang sedang terjadi saat ini untuk dapat memastikan secara langsung kebutuhan-kebutuhan masyarakat korban banjir serta melihat kondisi lapangan agar selanjutnya dapat semaksimal mungkin mengurangi dampak kerugian bencana.

Baca Juga :  Satu Orang Dinyatakan Positif COVID-19, Poso Naik Status Tanggap Darurat Bencana
Kunjungan Wagub di lokasi banjir Kelurahan Sayo dan Desa Tagolu didampingi Bupati Poso


“Pemerintah Daerah selalu berupaya hadir di tengah masyarakat, selain memberikan bantuan juga untuk memberikan dukungan moril kepada warga agar tetap kuat dan tabah melewati masa-masa sulit ini” terang Bupati Darmin. Pada kunjungannya di 2 wilayah lokasi banjir tersebut, selaku Pemerintah Daerah, Bupati Darmin juga memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat korban banjir seraya melaporkan kepada Pemprov bahwa banjir yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Poso yang selain diakibatkan oleh curah hujan yang turun sekitar kurang lebih 16 jam, juga karena muara Sungai Poso yang sudah mulai dangkal sehingga air sungai yang mengalir deras dengan pasangnya air laut menyebabkan air sungai meluap.

Dalam kunjungannya di lokasi banjir, Bupati Darmin memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir


“Instruksi langsung kami turunkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Poso untuk segera mengeruk muara sungai yang sudah dangkal sehingga air sungai bisa dengan lancar mengalir menuju laut” terang Bupati Darmin di hadapan Wagub dan rombongan. Ia juga kembali mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dikarenakan sesuai dengan informasi yang diberikan oleh BMKG bahwa dalam waktu satu sampai dengan dua hari ke depan, Poso masih berpotensi hujan.

Baca Juga :  HAKLI Poso dan HAKLI Morowali Utara terbentuk di Poso


“Tugas kami selaku Pemerintah adalah selain untuk memenuhi serta memfasilitasi kebutuhan masyarakat juga untuk memberikan informasi yang baik dan benar serta memastikan masyarakat dapat menyiapkan diri dengan baik dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi terkait dengan kondisi alam beberapa waktu terakhir ini” jelas Bupati Darmin. (GP)

KOMENTAR