Bomba, PPID – Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dan Korban Banjir oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dipimpin langsung Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Ketua DPRD bersama beberapa anggota, Pimpinan OPD dan Muspika Lore Selatan, Senin 18 Mei 2020 secara berturut-turut dilakukan di desa Bomba, Lengkeka dan Badangkaia Kecamatan Lore Selatan. BLT DD sebagai dampak penanganan COVID-19 yang merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI ini terus disalurkan dan diawasi langsung oleh Bupati Darmin kepada 139 KK yang ada di wilayah Kecamatan Lore Selatan dan Barat.


Serangkaian dengan penyerahan BLT DD ini, Bupati Darmin pun selaku Kepala Daerah menyerahkan bantuan bagi Korban Banjir sejumlah 536 KK di wilayah Lore Selatan dan Barat yang bersumber dari anggaran dana APBD Belanja Tak Terduga (BTT) berupa bahan makanan. Menyikapi situasi yang tengah melanda sebagian wilayah di Kabupaten Poso baik yang terdampak banjir maupun secara keseluruhan seluruh wilayah terdampak penanganan COVID-19, Pemerintah Daerah bertindak cepat dan tak berhenti menyalurkan bantuan baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca Juga :  Peringatan Hari Kebangkitan Perempuan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara


Dalam sambutannya, Bupati Darmin pun menyampaikan penegasannya terkait dengan pengawasan dan kawalan langsung yang dilakukannya terhadap penyerahan bantuan dari Pemerintah Pusat ini agar benar-benar dapat tersalurkan dengan baik di seluruh wilayah Kabupaten Poso, “Memberikan perhatian yang sama bagi semua daerah di wilayah Kabupaten Poso sehingga tidak ada lagi daerah atau wilayah yang beranggapan dikesampingkan oleh Pemerintah Kabupaten” ungkap Bupati Darmin. Di tengah rangkaian kunjungan kegiatan melihat serta mengecheck langsung kondisi lapangan di seluruh wilayah Kabupaten Poso, Bupati Darmin pun mengupayakan agar semua bantuan di seluruh wilayah dapat tersalurkan dengan baik serta mendapatkan perhatian yang sama dari Pemerintah Kabupaten.


“Sebagai Kepala Daerah, saya memiliki tanggungjawab besar untuk melihat langsung kondisi di lapangan, tidak mudah memang, tetapi kalau hanya mendengar laporan dari Pimpinan OPD kadang, kita juga selaku Pemerintah Daerah harus turun langsung terlibat dalam proses penyaluran bantuan tersebut, sehingga ada interaksi secara utuh yang terjadi antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat” aku Bupati Darmin. (GP)

KOMENTAR