Tongko, PPID – Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu memenuhi undangan Komisariat Daerah Alkhairat Kabupaten Poso, Minggu pagi 7 Juni 2020 bertempat di Pantai Wisata Tasitapura Desa Tongko Kecamatan Lage didampingi Kaban Kesbangpol dan Kabag Pemerintahan Setdakab Poso. Hadir pada kesempatan tersebut juga Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Poso, Pengurus Besar Alkhairat H.S. Ali Aljufrie (via online), Pengurus KOMDA Alkhairat bersama masyarakat desa Tongko.


Kegiatan yang sebelumnya telah dilakukan dengan pembacaan yasin, tahlil dan tauziah di hari sebelumnya (Sabtu, 6/6/2020) ini sehubungan dengan perayaan Halal Bi Halal 1 Syawal 1441 H dan Haul Habib Idrus Al Salim Al Jufrie selaku Guru Tua atau Pendiri AlKhairat di Palu Sulawesi Tengah ini dalam sambutan Pengurus Besar Alkhairat yang dibawakan oleh Komda Alkhairat Poso Ibrahim Ismail, S.Ag, M.Hi mengatakan bahwa dalam mengenang sosok Guru Tua yang berjasa dalam bidang pendidikan, sosial dan dakwah yang diperingati setiap tahunnya di Kota Palu ini, mengingat adanya penanganan COVID-19 yang diatur oleh Pemerintah, maka selaku salah satu organisasi besar yang terus berkembang di kawasan timur Indonesia ini merayakan perayaan ini di tempat masing-masing seraya mendoakan bersama agar pandemic COVID-19 ini segera berakhir.

Baca Juga :  Insya Allah Meraih Haji Mabrur Sepanjang Hayat


“Alkhairat akan selalu menjadi yang terdepan dalam membicarakan isu-isu penting tentang pembangunan lebih khusus di daerah Bumi Sintuwu Maroso seraya kami juga tetap terus mendukung serta mendoakan kiranya Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, lebih khusus Bapak Bupati Poso selaku Kepala Daerah dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik serta dimudahkan dalam segala hal” ujar Ibrahim Ismail. Dalam pertemuan ini pun tetap diberlakukan aturan kesehatan penanganan COVID- 19 diantaranya seperti menyediakan tempat mencuci tangan, memakai masker serta pengaturan tempat duduk yang menggunakan jarak, sebagai bentuk dukungan yang diberikan oleh Alkhairat mengikuti setiap anjuran yang dikeluarkan oleh Pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19.


Senada dengan itu, Bupati Darmin dalam sambutannya mengatakan bahwa di tengah giat-giatnya Pemerintah Daerah saat ini tengah melaksanakan pembangunan di segala bidang, selalu berupaya untuk mendukung serta hadir di tengah-tengah keberadaan masyarakat terlebih khusus dalam kegiatan yang bernafaskan sosial keagamaan sebagai wujud respon serta sinergitas yang hendak dihimpun Pemerintah Daerah demi pembangunan bersama di daerah Sintuwu Maroso. “Kegiatan seperti ini membuktikan bahwa sejatinya Pemerintah Daerah selalu mendukung serta hadir bersama di tengah-tengah umat beragama selain sebagai pemenuhan kewajiban Pemda dalam meningkatkan rasa keimanan dan ketakwaan masyarakat juga sebagai wujud fasilitasi Pemda dalam membangun rasa kebersamaan serta toleransi yang tinggi antar umat beragama di Kabupaten Poso” ujar Bupati Darmin. (GP)

KOMENTAR