Poso, PPID – Sebagai wujud pelaksanaan salah satu tugas pokok dan fungsinya maka DPRD Kabupaten Poso melalui Pansus IV melaksanakan fungsi pengawasan yaitu membahas dokumen LKPJ Bupati Poso. Dimensi pertanggungjawaban Kepala Daerah yang harus dimaknai sebagai upaya menciptakan pemerintahan yang baik dengan mengedepankan akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan pemerintahan serta pengelolaan keuangan daerah.


Hal ini disampaikan oleh Samuel Munda selaku Wakil Ketua I DPRD pada saat Rapat Paripurna Masa Persidangan II Penyampaian dan Penyerahan Keputusan DPRD Nomor : 172/02/KEP.DPRD/2020 tentang Catatan dan Rekomendasi DPRD Kabupaten Poso terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Poso TA 2019, Selasa 16 Juni 2020, bertempat di Banua Mpogombo Siwagi Lemba. “LKPJ yang memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menyangkut pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah selama 1 tahun anggaran” ungkap Samuel.

Penyampaian Keputusan DPRD Kabupaten Poso oleh Wakil Ketua I, Samuel Munda, doc by Octo Humas


Dalam metode penilaiannya pun Samuel mengungkapkan bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 15 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, maka Pansus IV mengkaji seluruh aspek yang menjadi muatan LKPJ Bupati Poso akhir tahun anggaran 2019 dengan cara membandingkan target dan realisasi program kegiatan serta melakukan pengecheckan di lapangan atas kegiatan fisik maupun non fisik yang menjadi Program dan Kegiatan TA 2019. Adapun dalam proses penilaiannya, Samuel melaporkan lagi bahwa DPRD Poso melahirkan Catatan dan Rekomendasi seperti laju pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Konstan (PDRB-ADHK) di tahun 2018 menempatkan Kabupaten Poso pada posisi ke-4 setelah Kabupaten Morowali pada peringkat I dan berturut-turut diikuti oleh Banggai dan Morowali Utara.

Baca Juga :  Menatap Masa Depan Poso Dalam Bingkai Sintuwu Maroso
Foto bersama Pemda Poso seusai Penyerahan LKPJ Bupati Poso TA 2019 bersama DPRD Poso


“Sehingga dari data yang telah disebutkan menunjukkan bahwa kondisi makro ekonomi Kabupaten Poso tahun 2016 – 2018 tumbuh cukup baik seperti laju pertumbuhan PDRB-ADHK maupun pertumbuhan PDRB-ADHB yang walaupun mengalami perlambatan namun jumlah absolute PDRB mengalami sedikit kenaikan dari tahun ke tahun” ungkap Samuel. Selain itu, Ia juga mengakui bahwa Inflasi Kabupaten Poso cukup terkendali dengan baik yaitu ada pada tingkat 2, 95% di tahun 2018 dan indek gini yang menunjukkan perbaikan dari tahun ke tahun dan berada pada angka 0,3 atau dalam kategori rendah yang berarti distribusi pendapatan kepada masyarakat di Kabupaten Poso cukup baik dan tidak terjadi kesenjangan pendapatan yang sangat lebar.

Baca Juga :  Berpikir & bertindak CERDAS dalam membangun Tana Poso
Bupati Poso saat memberikan sambutan dalam Rapat Paripurna Istimewa, doc by Octo Humas


Tak hanya di situ saja, Samuel pun mengatakan bahwa DPRD sebagai mitra kerja Kepala Daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah sangat mengapresiasi serta mendukung program prioritas dan unggulan daerah yang menjadi ide serta gagasan Cerdas Bupati sebagai mana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Poso tahun 2016-2021.


Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya menyampaikan beberapa prestasi yang berhasil ditorehkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dalam beberapa waktu terakhir yakni peraih terbaik ke-2 tingkat nasional dalam ajang kategori perencanaan pencapaian pembangunan daerah yang dilaksanakan oleh Kementrian PPN/BAPPENAS serta meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 2 kali berturut-turut dalam laporan kinerja pemerintah daerah yang dilakukan oleh Perwakilan BPK RI di Sulteng. “Tentunya keberhasilan yang telah diraih oleh Pemda Poso tidak terlepas dari peran, dukungan serta sinergitas DPRD sebagai mitra kerja Pemda” aku Bupati Darmin.

Baca Juga :  Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Propinsi Sulawesi Tengah di Kelurahan Tentena Kecamatan Pamona Pusalemba


Olehnya Ia pun berharap agar hubungan kerjasama yang sudah terbina dengan baik ini dapat terus dipertahankan untuk kemajuan daerah seraya Ia pun mengatakan bahwa kerja keras serta kerja Cerdas yang telah dilakukan oleh Pemda selama ini tentunya merupakan kebanggan tersendiri dimana lembaga legislative ini pun mengakui akan adanya peningkatan yang terjadi dalam pembangunan di Tana Poso. “Kegiatan ini juga sekaligus menunjukkan bukti fisik kepada masyarakat bahwa apa yang telah dilakukan DPRD dalam memberikan saran serta masukan yang tentunya juga mengarah pada penyempurnaan ini penyelenggaraan roda pemerintahan di Kabupaten Poso, juga merupakan tuntutan atas transparansi dan akuntabilitas penyelenggaaran pemerintahan yang kami lakukan” kata Bupati Darmin. (GP)

KOMENTAR