Poso, PPID – Pembukaan Lanjutan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu, Rabu 17 Juni 2020 yang diselenggarakan oleh Kementrian Ketenagakerjaan RI Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas melalui UPTP Pembina Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar bertempat di UPTD Loka Latihan Kerja (LKK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Poso Ranononcu Poso Kota Selatan. Kegiatan yang sempat tertunda oleh karena adanya pandemic COVID-19 ini, akhirnya diteruskan kembali sehubungan dengan adanya “Tatanan Baru” yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.


Kegiatan yang diikuti oleh 96 peserta dari berbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten Poso mengisi jurusan-jurusan seperti Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, Computer Operator Assistant, Penjahitan Pakaian dengan Mesin, Pemasangan Listrik Bangunan Sederhana, Service Sepeda Motor Injeksi dan Operator Cabinet Marking (MTU). Dalam laporan singkat yang disampaikan oleh Kepala UPTD LLK Poso, Yulianto Dongalemba, SE mengatakan bahwa kegiatan yang bersumber dari APBN TA 2020 Kementrian Ketenagakerjaan RI ini nantinya terdiri dari 5 kegiatan PBK dan 1 kegiatan Mobile Training Unit atau Unit Pelatihan Keliling.

Baca Juga :  Menjawab Kebutuhan Tenaga Kerja Terampil di Kabupaten Poso
Selain bertujuan untuk mengentaskan pengangguran di Kabupaten Poso juga untuk meningkatkan kualitas serta kompetensi sumber daya manusia (SDM) masyarakat, doc by Octo Humas


Bupati Darmin dalam kesempatannya mengatakan bahwa kegiatan ini selain bertujuan untuk mengentaskan pengangguran di Kabupaten Poso juga untuk meningkatkan kualitas serta kompetensi sumber daya manusia (SDM) masyarakat. “Dengan dilaksanakannya kegiatan PBK ini, Pemerintah Daerah mengharapkan adanya persiapan yang matang dalam melahirkan tenag-tenaga kerja yang terampil dan kompeten sesuai dengan kebutuhan industry, sehingga mampu mengisi lowongan kerja yang ada atau pun dapat menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri” ungkap Bupati Darmin.


Dalam kesempatan tersebut juga, tak henti-hentinya sebagai concern utama dan bentuk kepeduliannya sebagai Kepala Daerah, kembali Bupati Darmin mensosialisasikan akan penyebaran COVID-19 seraya menghimbau kepada para peserta agar tetap produktif melakukan aktivitas tanpa mengenyampingkan aturan maupun protocol kesehatan dalam pencegahan penularan COVID-19. (GP)

KOMENTAR