Poso, PPID – Masa Pandemi Covid-19 membuat prosesi Upacara Wisuda dan Dies Natalis di seluruh institusi pendidikan khususnya universitas di Indonesia mengalami kendala, sebab dalam situasi tersebut tidak memungkinkan dilakukan dengan cara dan protokoler yang biasa dilakukan seperti pada tahun-tahun sebelumnya.  Namun hal tersebut bukan merupakan masalah besar bagi STAI Poso yang melaksanakan Upacara Wisuda Sarjana dan Dies Natalis ke-10, Senin (27/07/2020). Sejumlah 135 wisudawan sarjana dari Prodi Ekonomi Syariah Dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam merayakan kelulusannya untuk Tahun Akademik 2019/2020.

Prosesi wisuda ini di hadiri oleh Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu, Ketua STAI Poso DR. H. Nazaruddin L. Midu, M.Ag,  Koordinator Kopertais wilayah VIII Prof. Hamdan Juhannis, P. hd yang hadir secara virtual,  Anggota senat STAI, Dekan, Dosen, Anggota Forkompinda Poso serta orang tua dan pendamping wisudawan. Acara ini dilaksanakan di Tribun Lapangan Maroso Poso dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebelum memasuki area prosesi setiap wisudawan dan undangan wajib mengenakan master dan mencuci tangan. Posisi tempat duduk juga di atur dengan menerapkan social distancing.

Baca Juga :  Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan LXVII Di Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018

Ketua STAI Poso  dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati yang telah memfasilitasi acara wisuda ini. ” STAI Poso di tengah Pandemic Covid 19 melaksanakan adaptasi pembelajaran secara daring, harapan saya lulusan STAI Poso bukan hanya menjadi pencari kerja namun manjadi pencipta kerja, tunjukan sikap dan perilaku sebagai seorang intelektual muslim, kehadiran saudara sebagai pengurai benang kusut, sebagai sumber solusi bagi masalah, yang nantinya akan menyumbangkan ide ide untuk membangun. Keberhasilan para wisudawan bukan semata mata usaha sendiri namun dukungan dari semua pihak, baik tenaga pendidik, lingkungan maupun orang tua. Mewakili civitas akademika STAI Poso saya mengucapkan selamat kepada para orang tua yang telah berupaya dengan sepenuh hati mendukung putra-putrinya menyelesaikan pendidikan” terangnya.

Baca Juga :  Penutupan Perayaan HUT Pemuda GKST Ke-69 Klasis Poso Kota

Koordinator Kopertais wilayah VIII secara virtual menyampaikan selamat atas pelaksanaan wisuda STAI Poso, “Saya ingatkan kepada wisudawan sebagai sarjana harus ada kesiapan dalam berkompetisi dalam menghadapi masa pandemic ini, lakukan revitalisasi diri dengan meningkatkan pengetahuan dan skill untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Bagi STAI Poso tidak ada pilihan sekarang ini selain selalu berupaya dalam peningkatan kompetensi dalam penguasaan teknologi IT karena metode pembelajaran menyesuaikan situasi dan kondisi sekarang ini”. tegasnya.

Dalam sambutannya Bupati Poso mengucapkan selamat kepada semua wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya. ” Ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah di pelajari dari kampus akan menjadi bekal masa depan untuk meniti karir baik sebagai pegawai negeri, karyawan swasta bahkan bisa menciptakan lapangan kerja. Hal terpenting dengan mendapat predikat dan gelar sarjana adalah para wisudawan dapat meningkatkan sumber daya manusia, mampu berfikir tidak saja secara teori namun mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan untuk menghadapi tantangan tantangan di masa yang akan datang” tegas Bupati.

Baca Juga :  Peresmian Bumi Perkemahan "Poba'i"

Selanjutnya Bupati juga memberikan apresiasi kepada STAI Poso yang telah memberikan sumbangsih bagi peningkatan kualitas SDM generasi muda Poso yang nantinya akan menjadi aset daerah yang dapat diandalkan untuk meneruskan tongkat estafet pembangunan di Kabupaten Poso di masa yang akan datang. Upacara wisuda tersebut di akhiri dengan pembacaan doa untuk mensyukuri Rahmat Tuhan Yang Maha Esa.  (WS)

KOMENTAR