Poso, PPID – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441H/2020M, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu melepas Pawai Takbir di Lapangan Maroso Poso, Kamis, (30/07/2020). Pelepasan pawai takbir dihadiri juga oleh Wakil Bupati Ir. Samsuri, M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Poso Sesi K.D Mapeda, SH., MH, Kajari, Pimpinan OPD, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Poso, dan Pantia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Poso.

Warga Poso sangat antusias mengikuti pawai takbir ini. Ratusan umat muslim dari berbagai tempat mengikuti pawai dengan mengendarai kendaraan roda empat dan roda dua. Sebuah kerinduan yang amat dalam bagi semua umat setelah tidak dilaksanakannya pawai takbir idul Fitri 1 Syawal 1441 yang lalu berhubung pada saat itu merupakan puncak Pandemic COVID-19.

Baca Juga :  Kebersamaan Dalam Bingkai Sintuwu Maroso

Dalam sambutannya Bupati Poso mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh Umat Muslim, Bupati juga memberikan apresiasi kepada MUI, PHBI dan tokoh-tokoh agama yang senantiasa memberikan pencerahan kepada umat sehingga Daerah ini tetap dalam kondisi aman dan damai.

” Alangkah nikmatnya Rezki yang diberikan Tuhan kepada kita jika kita mampu berbagi dengan orang orang di sekitar kita untuk ikut merasakan apa yang kita peroleh. Itulah hakekat yang sebenarnya dari ibadah kurban yang dilaksanakan oleh umat muslim di hari raya Idul Adha untuk menyisihkan sedikit Rezki dari Allah untuk orang orang yang kurang beruntung” terangnya.

” Saya mengharapkan agar pawai takbir ini dapat berjalan dengan aman dan tertib sehingga tidak mengurangi niat baik saudaraku umat muslim untuk mengungkapkan kesyukurannya melalui pawai takbir sebagai pertanda bahwa besok akan melaksanakan lebaran Idul Adha” tegasnya.

Baca Juga :  Bupati Darmin Lepas Kontingen Pesparawi Kabupaten Poso ke Tingkat Provinsi

” Semoga Hari Raya Idul Adha memberi pembelajaran tentang arti kebersamaan dan indahnya berbagi terhadap sesama, sehingga hal tersebut memotivasi kita dalam membangun negeri Sintuwu Maroso dengan semangat persatuan dan kesatuan serta kerjasama seluruh stakeholder demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Poso yang Damai, Adil dan sejahtera” imbuh Bupati.

Ditandai dengan pengangkatan bendera start oleh Bupati Poso pawai takbir ini di mulai dengan mengambil rute star dari Lapangan Maroso Poso, menuju ke arah kelurahan Mapane Kecamatan Poso Pesisir dengan pengawalan ketat dari aparat keamanan.

Pada kesempatan tersebut setelah melepas Pawai Bupati Poso bersama Forkompinda, PHBI dan undangan lainnya meninjau lokasi lapangan maroso yang disiapkan untuk pelaksanaan shalat Idul Adha. PHBI telah mengatur jarak yang ditandai dengan garis batas serta menyiapkan tempat cuci tangan disekitar lapangan sesuai dengan protokol kesehatan
(WS)

KOMENTAR