Poso, PPID – Dalam rangka mendukung program pemerintah pusat dimana yang menjadi catatan khusus Presiden RI Jokowidodo dalam bidang pertanian yakni agar Kementrian Pertanian (Kementan) focus terhadap upaya peningkatan pertanian on farm dan off farm maka salah satunya Kementan pun terus melakukan pengembangan komoditas utama pangan yang terdiri dari padi, jagung dan kedelai. Dengan terus menggenjot upaya-upaya dari daerah-daerah agar terjadi peningkatan kualitas dalam sector hasil pertanian sehingga disalurkannyalah bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada beberapa kelompok tani yang ada di Kabupaten Poso, Kamis pagi, 17 September 2020 bertempat di Gedung Kantor Dinas Pertanian Poso.

Beberapa alsintan tersebut berupa traktor roda empat 8 unit, traktor roda dua 35 unit, pompa air 30 unit dan cultivator 5 unit dimana khusus penggunaan traktor roda dua dan roda empat sesuai petunjuk Kementan diperbantukan pada wilayah-wilayah yang sedang melakukan gerakan olah lahan. Dan traktor roda empat dikelola oleh Brigade Dinas Pertanian dan penggunaannya diatur oleh Dinas sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca Juga :  Di Tengah Pandemi COVID-19, Petani Poso Tetap Berjuang Hasilkan Pangan Strategis

Dalam laporan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Poso, Suratno, menyebutkan bahwa dengan adanya bantuan ini gerakan olah lahan dan olah tanam padi akan terus dapat dilakukan sehingga dapat memberikan kontribusi dalam ketersediaan pangan bagi masyarakat di tengah-tengah pandemic COVID-19. Sementara itu Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa kebutuhan pangan merupakan kebutuhan yang paling mendasar bagi masyarakat sehingga walaupun dunia tengah dilanda pandemic COVID-19 ini, namun para petani tidak boleh berhenti berproduksi dalam menghasilkan bahan pangan.

Oleh karenanya, Pemerintah Daerah memandang perlu adanya penguatan dalam menopang kebutuhan-kebutuhan mendasar para petani dalam mengelola lahan pertaniannya diantaranya seperti alat-alat mesin pertanian ini. “Di tengah pandemic COVID-19 ini, berdasarkan data statistic yang ada, dari sejumlah sector bahwa hanya sector pertanianlah yang tumbuh positif” kata Bupati Darmin.

Baca Juga :  Nikah Massal, Bupati Darmin Canangkan Kampung Alpukat

Sehingga sosok Kepala Daerah yang selalu concern terhadap sector pertanian di Kabupaten Poso ini kembali berpesan kepada kelompok penerima manfaat agar menjaga serta merawat dengan baik bantuan alsintan yang diberikan ini sehingga dapat memberikan hasil yang baik pula bagi pertanian di Kabupaten Poso. “Sebagaimana di tahun 2017 dan 2018, Kabupaten Poso mendapat predikat luas tanam Pajala terluas se-Sulawesi Tengah, maka tak henti-hentinya kami Pemerintah Daerah terus menggenjot serta memfasilitasi kebutuhan para petani di Kabupaten Poso sehingga memperoleh hasil yang baik bagi para petani dan juga sektor pertanian di Kabupaten Poso” tutup Bupati Darmin. (GP)

KOMENTAR