Tangkura, PPID – Sesuai dengan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar, Jumat 18 September 2020 bertempat di SDN 1 Tangkura Kecamatan Poso Pesisir, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menyaksikan penyerahan bantuan Dana Program Indonesia Pintar (PIP) kepada siswa-siswi SDN 1 dan 2 Tangkura, SDN Patiwunga dan Betalemba. “Penyerahan bantuan dalam bentuk buku tabungan dengan nilai Rp 450.000,- per anak ini diberikan berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso, Drs. Victor Tumonggi, M.Si.

Ia juga melaporkan bahwa ada 193 siswa penerima bantuan yang merupakan peserta didik berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin yang dibantu untuk tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah. Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan bahwa Program ini ditujukan untuk menghilangkan hambatan ekonomi siswa bersekolah sehingga nantinya tidak ada lagi anak-anak yang berhenti sekolah.

Baca Juga :  Pelantikan Pengurus IKMAPOS di Palu

Ia pun berharap bantuan ini dapat membantu mengurangi beban ekonomi keluarga di tengah pandemic sehingga Ia menegaskan kepada para orang tua siswa yang juga turut hadir pada kesempatan tersebut agar benar-benar dapat mempergunakan bantuan ini dengan baik untuk kepentingan pendidikan anak-anak. Ia pun menambahkan bahwa selain penanganan kesehatan terkait pandemic korona, “Bidang pendidikan juga menjadi fokus perhatian pemerintah karena output pendidikan mempengaruhi masa depan anak didik” tutur Bupati Darmin.

Berbagai upaya bantuan serta perhatian yang diberikan oleh Pemerintah Daerah selama ini dilakukan dengan mengutamakan kepentingan serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Poso, tidak hanya sekedar membangun dari segi fisik saja, melainkan juga dari segi sumber daya manusia. “Kami berbuat serta beraksi bukan semata karena tuntutan program yang ada, melainkan juga berinovasi serta menyesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat” ungkap Bupati Darmin.

Baca Juga :  Perpustakaan Komunitas Rano Poso Resmi Dibuka

Tak hanya concern dalam bidang pertanian dan pembangunan fisik semata melainkan juga dari segi pengembangan kualitas SDM menjadi sorotan tajam Bupati Darmin dalam memimpin daerahnya. (GP)

KOMENTAR