• Berita
  • Terbaru
No Sampul
31 Agu 2023, 15:52
502

REFORMASI BIROKRASI PEMDA POSO SABET PENGHARGAAN MERDEKA AWARD 2023

Oleh :
Yusran.sapa

Merdeka.com kembali menggelar Merdeka Awards 2023 yang diselenggarakan pada Rabu 30 Agustus 2023 di Auditorium SCTV Tower Lantai 8 Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat dihadiri langsung Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Rudy Ricardo Rompas, SH, M. Si mewakili Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang yang saat itu sedang menerima kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo di Palu bersama gubernur dan walikota Palu.

 

 Merdeka Awards adalah Inspirasi Indonesia. Sebuah ajang penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan negeri dan kemanusiaan. Tahun 2023 adalah ketiga kalinya merdeka.com menyelenggarakan acara penghargaan tersebut dengan focus pada enam kategori penilaian yaitu, Program Penguatan Ekspor Daerah, Program Desa Wisata, Program Reformasi Birokrasi, Program Inovatif Pendampingan UMKM, Program Inovatif untuk Negeri dan Sosok Inspiratif untuk Indonesia.

 

Pemerintah Kabupaten Poso yang menjadi salah satu nominator bersama beberapa daerah lainnya di Indonesia berhasil mendapatkan Award Merdeka 2023 kategori penilaian reformasi birokrasi. 

 

 

Menurut Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang, bahwa pencapaian tersebut, tidak lepas dari dukungan dan support Pemerintah Republik Indonesia melalui lembaga pemerintahan dan Kementerian Republik Indonesia, khususnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi RI.

 

“Atas support Kementerian Pan RB, sehingga kami pemerintah daerah bisa melakukan terobosan reformasi birokrasi melalui manajemen perubahan, elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD) Kabupaten Poso mencapai angka 95 persen” terangnya.

 

Begitu juga pada penguatan pengawasan dan kualitas pelayanan publik, program bunga desa menjadi terobosan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan sistem pelaporan via aplikasi “Poso Meole” yang dikembangkan di Dinas Kominfosandi Poso serta hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) sebagai sarana mempermudah warga dalam mengurus berbagai pelayanan public, tambahnya. 

 

Lanjutnya, pada penguatan akuntabilitas kinerja, Kabupaten Poso telah 4 kali meraih wtp, sehingga Kabupaten Poso diganjar 'satu sulteng awards' dari Kemenkeu.

 

“Apresiasi dan penghargaan Merdeka Award Tahun 2023 tentu saja menjadi penyemangat bagi kami Pemerintah Daerah Kabupaten Poso bersama seluruh jajaran pemerintahan serta stakeholder Lainnya untuk terus bersinergi, berkolaborasi dan berinovasi memberi sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan daerah tercinta.” Tutupnya.





Kategori