• Berita
  • Trending
No Sampul
08 Agu 2023, 22:38
573

KUNKER PERDANA DANREM 132/TDL DI POSO DISAMBUT BUPATI DENGAN ADAT PEKASIWIA

Oleh :
Yusran.sapa

Sebagai pejabat negara atau tamu istimewa yang pertama kali menginjakkan kaki di wilayah Kabupaten Poso harus disambut adat pekasiwia (adat penyambutan Poso). Begitupun kunjungan perdana Danrem 132 Tadulako Brigadir Jenderal TNI Dody Triwinarto, S.IP., M.Han yang melaksanakan kunjungan kerjanya di Kabupaten Poso disambut hangat oleh Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Frits Sam Purnama, SH, M. Ap serta para kepala OPD Poso dengan adat pekasiwia Selasa, 8 Agustus 2023.

Prosesi penerimaan adat secara pekasiwia dilalui Danrem 132 bersama Ibu Danrem dengan penuh khidmat disaksikan para petinggi di jajaran Danrem 132 Tadulako, Dandim 1307 Poso, Kapolres Poso, para Danramil wilayah Kodim 1307 serta tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan adat pekasiwia didasarkan pada filosofi bahwa tamu adalah sanak keluarga penting yang perlu dihormati dan dihargai. Setelah proses Pekasiwia selesai dilakukan, berarti secara resmi rakyat dan Pemerintah Kabupaten Poso telah menerima tamu tersebut menjadi warga Kabupaten Poso.

Pekasiwia terdiri dari beras putih yang halus, telur ayam, ayam jantan putih, dan nira manis. Apabila tamu yang datang lebih dari satu orang, maka sistem Pekasiwia dilakukan secara berurutan.

Sementara itu kunjungan kerja Danrem 132 Tadulako di Kabupaten Poso menurut Dandim 1307 Poso untuk melaksanakan upacara HUT korem 132 Tadulako di Tugu Peringatan Jatuhnya Helikopter TNI di Kasiguncu Poso Pesisir pada Hari Rabu 9 Agustus 2023.





Kategori