• Berita
  • Trending
No Sampul
20 Agu 2023, 08:13
1109

MENJADI IRUP SAAT UPACARA PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI 78, BUPATI POSO SEBUT KECINTAAN DAN KEBANGGAAN TERHADAP TANAH AIR INDONESIA HARUS DIBUKTIKAN DENGAN PRESTASI DAN KERJA YANG NYATA.

Oleh :
Yusran.sapa

Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Peringatan HUT RI ke-78 berlangsung penuh khidmat dengan Inspektur Upacara Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang Kamis, 17 Agustus 2023 di Lapangan Maroso Poso. Upacara di awali dengan bunyi sirene selama satu menit untuk mengenang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

 

Prosesi upacara melibatkan unsur TNI/Polri, ASN dan siswa sebagai peserta upacara berbaris rapih didepan Air Mancur Lapangan Maroso Poso.

 

Athifah Andini Mursidah sebagai pembawa baki bendera Merah Putih yang akan dikibarkan melaksanakan tugasnya dengan baik. Ia berada di pasukan 8 Anggota Paskibraka Poso 2023. Seluruh Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih sukses melaksanakan tugas dan tanggung jawab Negara yang telah dibebankan kepadanya. Ada rasa bangga dan keharuan saat selesai melaksanakan tugas besar tersebut di tingkat Kabupaten Poso.

 

Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang mengapresiasi seluruh panitia yang terlibat pada momentum bersejarah peringatan proklamasi kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023 di Kabupaten Poso, baik dari TNI/Polri, BUMN, BUMD, perbankan, pihak swasta bahkan seluruh elemen dan masyarakat Kabupaten Poso.

 

Menurut Bupati , momentum bersejarah memperingati kemerdekaan RI memiliki makna yang dalam terhadap kecintaan tanah air Indonesia yang harus dibuktikan dengan kerjaa nyata dan prestasi sesuai tema HUT kemerdekaan Tahun 2023 “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. 

 

“Tema ini tentunya memiliki makna tersendiri dari tema besar tahun-tahun sebelumnya. Kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air Indonesia bisa dibuktikan dengan prestasi dan kerja yang nyata. Selain itu, semangat patriotisme yang diwariskan para pahlawan yang telah gugur didalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan NKRI, harus kita tumbuh kembangkan dalam sanubari setiap masyarakat Indonesia, dengan menunjukkan bhakti nyata didalam memajukan bangsa dan negara serta daerah.” Terang bupati Poso saat selesai pelaksanaan prosesi upacara

Rangkaian upacara peringatan HUT RI ke-78 di Kabupaten Poso dilanjutkan pada sorenya dengan penurunan Bendera Pusaka Merah Putih oleh anggota paskibraka Poso untuk disimpan dan dikibarkan kembali pada HUT kemerdekaan RI tahun depan.

 

Sumringah Bupati Poso, anggota forkopimda Poso serta seluruh petugas upacara tampak ruah saat sesi poto bersama momentum Hari Kemerdekaan RI yang genap sudah 78 tahun dengan latar Tribun Lapangan Maroso Poso.

 

Hadir dalam upacara tersebut anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Ellen Ester Plealu, SE, Wakil Bupati Poso M. Yasin Mangun, S. Sos bersama Ketua Penggerak PKK Kabupaten Poso, Wakil Ketua DPRD Poso Romy Alimin SE, anggota DPRD Poso Iskandar Lamuka, SE, Ketua MUI Poso H. Arifin Tuamaka, S.Ag. M.Ag, Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Poso Roy Kaloh, mantan Wakil Bupati Poso dua periode Ir. Samsuri, M. Si, Ketua Komda Alkhaerat Poso Asri Lakuntu, S. Ag, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan Poso serta undangan lainnya.





Kategori