• Berita
  • Trending
No Sampul
20 Agu 2023, 08:33
1456

ICON BARU KOTA WISATA TENTENA, JEMBATAN YONDO MPAMONA DAN TAMAN YONDO MPAMONA DIRESMIKAN

Oleh :
Yusran.sapa

Dengan ditandatanganinya prasasti oleh Gubernur Prrovinsi Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura dan Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang serta serah terima aset dari PT Poso Energy kepada Pemerintah Daerah, secara resmi icon baru destinasi wisata Tentena Jembatan Yondo Mpamona dan Taman Yondo Mpamona menjadi alternative pilihan berwisata di Tentena Poso, Sabtu 19 Agustus 2023.

 

Yondo Mpamona adalah jembatan historis, terletak strategis dipusat Kota Tentena sehingga pada penyelenggaraan Festival Danau Poso di bulan oktober mendatnag , jembatan ini akan menjadi jalur yang dilalui para tamu lokal maupun internasional yang menggambarkan keindahan, estetika, harmoni, serta pesona Danau Poso yang terkenal hingga mancanegara.

 

“Saya bersyukur jembatan kebanggaan masyarakat Tentena dan Taman Yondo Mpamona bisa selesai tepat waktu yang memberikan kesan keindahan, estetika dan harmoni. Saya berharap kedua fasilitas baru ini dapat menjadi tempat berkumpulnya masyarakat, tempat bermain anak-anak, dan menjadi destinasi rekreasi yang menyenangkan.” Ujar Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang. Selain itu, Ia berharap kedua fasilitas tersebut dapat mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat serta peningkatan perekonomian daerah,

Melalui kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernu Sulawesi tengah r yang telah menunjukkan perhatian luar biasa terhadap pembangunan di Kabupaten Poso, tercermin dukungan penuh gubernur yang hadir langsung pada acara peresmian. “Ini adalah bukti nyata bahwa kolaborasi antara pemerintah Provinsi dan daerah serta sinergi antar instansi menjadi pilar penting dalam mewujudkan perkembangan dan kemajuan bagi masyarakat Kabupaten Poso.” Terangnya.

Peresmian ini bukanlah akhir dari perjalanan kita, melainkan justru menjadi awal dari babak baru dalam pembangunan Kabupaten Poso. “Karenanya saya mengajak seluruh komponen daerah untuk terus bersinergi, bekerja sama, dan mendukung program-program pembangunan yang telah dilaksanakan serta yang akan direncanakan ke depan.

 

Keyakinannya adalah bahwa dengan bekerja bersama, dengan membangun bersama, kita akan sejahtera bersama.” Tutupnya.

Sementara itu Gubernur Rusdy Mastura dalam sambutannya menyampaikan betapa pentingnya infrastruktur yang berkualitas bagi kemajuan daerah. Ia mengapresiasi kerja keras dan sinergi antara pemerintah daerah, pihak swasta, dan masyarakat dalam mewujudkan proyek tersebut. 

"Peresmian Jembatan Yondo Mpamona dan Taman Yondo Mpamona ini bukan hanya suatu tanda pengembangan fisik semata, tetapi juga merupakan simbol kemajuan, kolaborasi, dan perhatian terhadap kenyamanan serta kebutuhan masyarakat," terang Gubernur Rusdy Mastura.

 

Ia juga berharap agar fasilitas jembatan dan taman tersebut dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik. 

“Saya mengajak semua pihak untuk menjaga dan merawat infrastruktur ini sehingga bisa memberikan manfaat jangka panjang. Semoga Jembatan Yondo Mpamona dan Taman Yondo Mpamona ini menjadi tempat yang nyaman, ramah lingkungan, dan menjadi ikon kemajuan Kabupaten Poso," tutupnya.

 

Hadir pada acara peresmia itu, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Ellen Ester Plealu, SE, Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Tengah Vera Rompas Mastura, Anggota Forkopimda Kabupaten Poso, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Poso, Ketua Majelis Sinode GKST, Ketua MUI Kabupaten Poso, Pimpinan PT Poso Energy, Pimpinan OPD Provinsi Sulawesi Tengah, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Frits Sam Purnama, SH, M. Ap, para kepala OPD Poso, pimpinan instansi vertical, Ketua Lembaga Adat Pamona Poso, para Pendeta, Imam, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Pimpinan BUMN dan BUMD, Perbankan, Direktur Rumah Sakit Sinar Kasih Tentena, camat bersama unsur Tripika Kecamatan Pamona Puselemba, camat Pamona Utara, para Kepala Sekolah bersama para guru dan para siswa, para lurah dan kades se-Kecamatan Pamona Puselemba dan Pamona Utara serta tamu undangan.





Kategori