• Berita
  • Terbaru
No Sampul
31 Agu 2023, 15:36
416

SEKDA POSO LANTIK KEPSEK DAN PENGAWAS SEKOLAH, SEBUT PEJABAT INI MEMILIKI PERAN SENTRAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER, MENGEMBANGKAN POTENSI DAN MEMASTIKAN MUTU PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS DI SEKOLAH

Oleh :
Yusran.sapa

Seratus empat puluh tiga Kepala Sekolah PAUD, SD dan SMP serta Pejabat Fungsional Pengawas Sekolah lingkup Pemda Poso dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Frits Sam Purnama, SH, M. Ap siang tadi, Senin 28 Agustus 2023 di gedung Torulemba Rujab Poso.

Membacakan sambutan tertulis Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang sekda menyebut bahwa pendidikan adalah investasi jangka panjang bagi masa depan generasi penerus yang akan mengemban berbagai tugas dan tanggung jawab dalam membangun daerah dan bangsa. 

“Pendidikan merupakan pondasi bagi pembangunan suatu bangsa, dengan adanya guru dan pemimpin sekolah yang berdedikasi, kita dapat membentuk generasi muda yang berintegritas, berpengetahuan luas, serta memiliki keterampilan yang relevan dengan tuntutan zaman.” Terang bupati.

Kepala sekolah dan pengawas sekolah merupakan dua unsur tenaga kependidikan yang memegang peranan penting serta merupakan kunci dalam pengelolaan layanan pendidikan di satuan pendidikan. Karenanya, sebagai sebuah jabatan dengan peran yang sangat strategis, pengawas sekolah dan kepala sekolah dituntut memiliki kualifikasi dan kompetensi yang mumpuni, sehingga pengangkatannya juga harus dilakukan secara selektif. Lanjut sambutan tertulis bupati.

Selain itu, bupati juga menjelaskan peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2021 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah, menyatakan bahwa guru dapat diberikan tugas sebagai kepala sekolah untuk memimpin dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan transformasi pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik. 

“Persyaratan penugasan, mekanisme penugasan, jangka waktu penugasan, penilaian kinerja, beban kerja, pengembangan profesi, pembinaan karier dan pemberhentian di uraikan dengan jelas sangat jelas, sehingga saya berharap kepada kita sekalian janganlah pelantikan hari ini diartikan sebagai sesuatu yang memiliki konotasi negatif, tetapi jadikanlah sebagai wahana untuk lebih meningkatkan disiplin dan etos kerja dalam tugas yang di percayakan.” Tegasnya.

 

Di akhir sambutannya, bupati Poso menyampaikan ucapan selamat dan memberi apresiasi serta motivasi kepada para kepala sekolah dan pengawas yang telah dilantik.

“Tugas yang telah saudara terima adalah tugas yang berat, namun juga sangat mulia. Pendidikan adalah tonggak penting dalam pembangunan masyarakat dan bangsa. Kepala sekolah dan pengawas memiliki peran sentral dalam membentuk karakter, mengembangkan potensi dan memastikan mutu pendidikan yang berkualitas di sekolah sekolah kita.” Tutupnya.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut, anggota forkopimda Poso, pimpinan instansi vertikal, pimpinan OPD Poso,para rohaniawan pengukuh sumpah, tokoh agama, para pejabat yang dilantik, serta tamu undangan lainnya.

 





Kategori